Kamis, 13 Maret 2014

Natural BVR

Jamur Pengendali Hama

Natural BVR adalah produk pengendali hama & penyakit tanaman dari PT. Natural Nusantarayang berbahan aktif Beauveria bassiana yang merupakan suatu cendawan yang sangat berperan dalam pengendalian secara biologis hama-hama yang merugikan tanaman. Natural BVR efektif dan efisien terhadap hama sasaran, tidak mematikan musuh alami, selaras keseimbangan alam, mudah dan relatif murah, aman terhadap lingkungan, manusia dan hewan, mendukung program pertanian berkelanjutan. Beauveria bassiana merupakan cendawan parasitik yang termasuk dalam kelas Deoteromycetes.

Mekanisme Beauveria bassiana dalam menyerang hama terjadi sebagai berikut :
  1. Beauveria bassiana masuk ke dalam bagian tanaman, kemudian jika ada bagian tanaman tersebut yang dimakan oleh serangga menyebabkan Beauveria bassiana ikut masuk ke dalam tubuh hama. Di dalam saluran pencernaan hama, Beauveria bassiana mengeluarkan enzim khitinase, protease, dan lipase yang akan menghancurkan saluran pencernaan. Kemudian jamur akan menembus kulit dan membentuk miselium (benang-benang putih), sehingga keberadaan cendawan ini di dalam tubuh hama akan menghancurkan kutikula kulit dan menghabiskan hasil-hasil metabolisme tubuh hama, sehingga hama akan mati secara perlahan-lahan. Di samping itu jamur ini juga mengeluarkan senyawa toksin seperti beauvericin, beauverolides, dan asam oksalat yang dapat meracuni perut hama.
  2. Beauveria bassiana masuk melalui kulit serangga hama dengan cara menempel kulit dan menembus masuk ke dalam tubuh. Proses selanjutnya sama seperti no. 1. Kematian hama berkisar + 4-8 hari setelah terinfeksi BVR.
  3. Beauveria bassiana mengandung 1010 spora per gram kultur. Bentuknya adalah tepung halus yang tahan disimpan selama 3-5 tahun tanpa berkurang efektivitasnya.
  4. Beauveria bassiana efektif untuk mengendalikan hama wereng, walang sangit (Leptocorixa acuta), kutu-kutuan (Aphis sp.), dan ulat kubis (Plutella sp.).

APLIKASI PEMAKAIAN NATURAL BVR
  • Campurkan 2 gr tepung Natural BVR + 1 liter air atau 30 gram / tangki 14 liter.
  • Gunakan untuk menyemprot seluruh bagian tanaman.
  • Penyemprotan dilakukan sore hari.

 KETENTUAN
  1. Dapat digunakan bersamaan dengan penyemprotan POC NASA.
  2. Tidak dapat dicampur dengan pestisida kimia.
Natural BVR tersedia dalam kemasan 100gr.
Untuk Harga dan Pemesanan silahkan hubungi saya. Distributor NASA :
RIZKI AULIA
- 085260699210
- Pin BB 7613F3D3


 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar